Workshop dan Deklarasi Gerakan Nasional Revolusi Mental

Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) Fakultas Hukum Universitas Jember

Dihadiri oleh kurang lebih 50 Mahasiswa Peserta dari berbagai Fakultas di Universitas Jember. Kegiatan Workshop dan Deklarasi Gerakan Nasional Revolusi Mental dilaksanakan untuk mendukung Peran Mahasiswa Sebagai Penggerak Sikap Toleran Dalam Bingkai Demokrasi Pancasila bertujuan supaya: 1. Membentuk karakter perguruan tinggi yang mampu mengedukasi mahasiswa dan masyarakat peka terhadap toleransi antar umat beragama dan saling gotong royong untuk menyikapi permasalahan sosial kemasyarakatan. 2. Membentuk karakter perguruan tinggi yang mampu menangkal paham radikalisme dalam lingkungan kemahasiswaannya dengan menjunjung tinggi nilai Pancasila. 3. Mempersatukan misi bersama mahasiswa sebagai agen perubahan yang peka terhadap sosial terutama masyarakat berkebutuhan khusus supaya membentuk sikap gotong royong dalam memberikan keadilan dalam ruang publik. 4. Mempersatukan misi bersama mahasiswa sebagai agen perubahan yang peka terhadap permasalahan sosial dengan saling toleran dalam penyikapan pandangan berfikir akademisnya tanpa memaksakan suatu kehendak.

Kegiatan ini dilaksankan selama dua hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 11 Desember 2020, Dengan agenda pembacaan deklarasi, penandatanganann banner komitmen Revolusi Mental, dan paparan narasumber. Hadir dalam kegiatan ini sebagai pembicara Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. (Rektor Universitas Jember), Drs. Andang Subaharianto (Rektor Universitas 17 Agustus Banyuwangi), Prof. Drs. Slamin, M.Comp., Sc., Ph.D. (Wakil Rektor I Universitas Jember), Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H. (Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember),  Prof. Dr. Dominikus Rato, S.H., M.Si. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jember), Dr. Fendy Setyawan, S.H., M.H. (Ketua Jurusan Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Jember), Drs. Didik Eko Julianto, M.AB. (Dosen Fakultas Ilmu Sosial & Politk Universitas Jember), Drs. Kayan Swastika, M.Si (Dosen Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Jember), Ebban Bagus Kuntadi, S.P., M.Sc. (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jember).

Universitas Jember sebagai penyelenggaran kegiatan ini bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Setidaknya terdapat 67 Perguruan Tinggi yang mengirimkan rencana kegiatan kepada Kemenko PMK, namun hanya 17 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia termasuk Universitas Jember yang mendapatkan kesempatan menyelenggarakan kegiatan tersebut.