WhatsApp Image 2019-09-08 at 14.49.51

Konferensi Nasional Hukum Tata Negara ke 6

Konferensi Nasional Hukum Tata Negara (KNHTN) ke-6 diadakan di Jakarta pada 2-4 September yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Hukum (STHI) Jentera Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN), Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) FH Universitas Jember dan Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) FH Universitas Andalas.

Acara dibuka langsung oleh Presiden RI di Istana Negara pada 2 September dan dilanjutkan Seminar dengan tema “Kabinet Presidensial Efektif” pada malam harinya dengan narasumber antara lain Prof. Saldi Isra (Hakim Konstitusi), Djayadi Hanan, Ph.D. (Pengamat Politik Univ. Paramadina) dan Bivitri Susanti, S.H., LL.M. (Akademisi STHI Jentera) dan Diskusi 4 Panel Paralel pada 3 September 2019 dan terakhir pembacaan rekomendasi pada 4 September 2019.

Konferensi menghasilkan beberapa rekomendasi konkrit mengenai desain, postur, dan proses pembentukan kabinet yang sesuai dengan sistem presidensial berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia. Kesimpulan dan rekomendasi ini dirangkum dari paparan 12 narasumber dan 95 pemakalah dalam konferensi sepanjang dua hari tersebut.

Rekomendasi dapat diunduh di link berikut: Rekomendasi KNHTN ke 6

Tags: No tags