47577223_2206571089664082_7514642783022350336_n

Konferensi Hukum Nasional: Refleksi Hukum 2018 dan Proyeksi Hukum 2019

Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (Puskapsi) Fakultas Hukum Universitas Jember pada Kamis 6 Desember Menyelenggarakan Konferensi Hukum Nasional: Refleksi Hukum 2018 dan Proyeksi Hukum 2019. Tema yang dibahas dalam konferensi tahun ini adalah mengenai Legislasi dan Kekuasaan Kehakiman. Tema ini sengaja dipilih mengingat pada tahun 2018 ini permasalahan terbesar persoalan hukum di Indonesia masih seputar kinerja legislasi DPR yang rendah dan kualitas Legislasi yang tidak menjawab persoalan di masyarakat dan cenderung fokus pada kepentingan anggota DPR.

Sementara kekuasaan kehakiman menjadi bahasan karena pada tahun 2018 ini MA dan badan peradilan di bawahnya justru menjadi penghambat dalam menegakkan keadilan di Indonesia. Putusan MA dan badan peradilan di bawahnya belum mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di masyarakat dan malah menimbulkan permasalahan baru akibat sulitnya eksekusi putusan tersebut. Padahal hakikat keberadaan kekuasaan kehakiman adalah untuk menyelesaikan masalah yang tidak mampu diselesaikan cabang kekuasaan negara lainnya. Contoh Kasus pengadilan justru menjadi sumber masalah baru adalah tidak diikutinya putusan MK oleh putusan MA dan PTUN terkait larangan pengurus Parpol menjadi calon anggota DPD di Pemilu 2019.

Dibagi menjadi dalam 2 pleno, dimana pleno 1 dengan tema kekuasaan kehakiman diawali dengan Keynote Speech dari Ketua Komisi Yudisial, Dr. Jaja Ahmad Jayus dan narasumber Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto (Kepala BPHN), Dr. Nurul Ghufron (Dekan FH UNEJ), Dr. Jayus (Akademisi FH UNEJ), Feri Amsari (Direktur PUSaKO) dan Erwin Natosmal Oemar (Deputi Direktur ILR)

Dilanjutkan dengan pleno 2 yang mengangkat tema legislasi, dibuka oleh keynote speech dari Ketua Mahkamah Konstitusi, Dr. Anwar Usman serta narasumber Arif Wibowo (Wakil Ketua Badan Legislasi DPR), Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana (Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham), Dr. Bayu Dwi Anggono (Direktur PUSKAPSI), Dr. Oce Madril (Ketua PUKAT) dan Titi Anggraini (Direktur PERLUDEM)

Peserta yang hadir dari berbagai latar belakang mulai dari akademisi, praktisi dan mahasiswa dari berbagai kota berjumlah sekitar 150 orang. Acara ini menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan hukum di Indonesia khususnya mengenai Legislasi dan Kekuasaan Kehakiman

Materi narasumber dapat didownload di : http://puskapsi.fh.unej.ac.id/?page_id=208

Tags: No tags