Focus Group Discussion “Masukan dan Tanggapan Terhadap RUU Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana”

Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) Fakultas Hukum Universitas Jember

Indonesia sebagai negara yang rawan bencana memerlukan instrumen hukum yang memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap mitigasi dan pencegahan bencana, sejauh ini sudah ada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Undang-Undang tersebut dirasa perlu perubahan mengingat usianya sudah 13 tahun, disisi lain bencana alam juga semakin berkembang, tidak hanya alam namun juga non-alam. Dalam rangka mengakomodasi kebutuhan untuk memberikan informasi serta memperoleh masukan masyarakat serta para pemangku kepentingan terhadap Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) Fakultas Hukum Universitas Jember menyelenggarakan Focus Group Discussion: Masukan dan Tanggapan Terhadap RUU Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana hotel Grand Valonia, Jember, Jawa Timur pada tanggal 3-5 Juli 2020.

Hadir pada acara ini Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng selaku Rektor Universitas Jember yang memberikan sambutan dan acara dibuka oleh Bapak Zahermann Muabezi, S.H. selaku Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Kerja Sama BNPB melalui daring/Zoom. Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana selaku Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham juga memberikan Keynote Speech.

Narasumber pada FGD ini diantaranya:
1. Dr. Dhahana Putra, Bc.Ip., S.H., M.Si. (Direktur Perancangan Peraturan Perundang-undangan
Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham)
2. Prof. Dr. Nor Harisuddin (Guru Besar IAIN Jember, Dekan Fakultas Syariah)
3. Drs. Andang Subaharianto, M. Hum. (Rektor UNTAG Banyuwangi)
4. Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H. (Direktur Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi FH UNEJ)
5 Dr. Jimmy Z. Usfunan, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Udayana Bali)
6 Dr. Oce Madril (Direktur PUKAT UGM)
7 Hendra Kurnia Putra, SH, MH (Kementrian Hukum dan HAM)
8. Dr Danang Hadmoko (Peneliti Pusat Studi Bencana UGM)
9. Dr. Agus Riwanto, S.H., M.H. (Ahli Hukum Tata Negara FH UNS Solo)
10. Prof. Dr. Yuli Witono (Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember)
11. Prof. Dr. Ir Nanang Tyas Puspito (Institut Teknologi Bandung)
12. Prof. Slamin,. M.Comp.Sc., Ph.D (Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember)
13. Dr. Ir. Krisnamurti, MT. (Dosen Fakultas Teknik Universitas Jember)

Para peserta yang hadir sebanyak 30 (tiga puluh) orang dari beberapa kabupaten/kota di provinsi Jawa Timur yaitu akademisi perguruan tinggi, peneliti, Badan Penanggulangan Bencana Daerah di daerah Tapal Kuda dan relawan penanggulangan bencana.