Sarasehan Saya Indonesia, Saya Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 72

Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ke 72, Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) Fakultas Hukum Universitas Jember bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jember mengadakan Sarasehan Saya Indonesia, Saya Pancasila pada 2 Juni 2017 di Aula PB Sudirman.

Sarasehan ini dihadiri oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI, Prof. Widodo Ekajahtjana yang memberikan keynote speech, Bupati Jember, dr Faida MMR dan Forkompimda. Acara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat seperti LSM, Guru dan Dosen serta perwakilan mahasiswa. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief. Dalam sambutannya ia menyampaikan “Pancasila lebih baik dari Komunis karena mempunyai Ketuhanan Yang Maha Esa, Pancasila lebih baik dari Kapitalis karena mempunyai Keadilan Sosial dan Pancasila lebih baik dari Khilafah karena mempunyai Persatuan Indonesia. Oleh karena itu Pancasila bukan hanya wajib kita pelajari namun perlu kita implementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”

Sebagai narasumber adapun Soeharsono, S.H. yang merupakan sesepuh dan juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember selama 4 periode. Yang kedua adalah Prof. Abd. Halim Subahar yang merupakan Ketua MUI Jember, beliau membahas bagaimana Islam dan Pancasila tidak saling bertentangan namun malah sebaliknya bahwa Pancasila sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Perlu diketahui bersama, berdasarkan Keppres No. 24 Tahun 2016 ditetapkan bahwa setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari kelahiran Pancasila, dimana seluruh komponen bangsa wajib memperingatinya.