PUSKAPSI Gandeng KANWIL Kementerian Hukum Dan HAM DKI Jakarta Dan Setjen MPR Dalam Penelitian 2016

expert_nyar2

expert_nyar1Sebagai lembaga yang menasbihkan dirinya sebagai lembaga riset tentunya Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (Puskapsi) Fakultas Hukum Universitas Jember dituntut untuk secara regular/berkala mengadakan kegiatan penelitian seputar isu-isu Pancasila, konstitusi dan hukum. Sebagai bentuk tuntutuan konsistensi tersebut maka pada tahun 2016 ini Puskapsi mengandeng 2 (dua) lembaga untuk bekerjasama mengadakan penelitian/pengkajian. Yang pertama adalah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan yang kedua adalah Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (Setjen MPR RI)

Kerjasama dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta meliputi 4 (empat) jenis penelitian/pengkajian yaitu: tema kewarganegaraan, tema fiducia, tema kenotariatan, dan tema Balai Harta Peninggalan. Sementara dengan Setjen MPR RI penelitian/pengkajian yang dilaksanakan terkait upaya meningkatkan peran Biro Humas Setjen MPR dalam membangun budaya sadar konstitusi di Indonesia.

Mengingat luas dan jangkauan kegiatan penelitian/pengkajian ini maka dalam melakukan penelitian/pengkajian ini Puskapsi tidak berdiri sendiri melainkan melibatkan mitra peneliti dari beberapa perguruan tinggi diantaranya Universitas Pancasila Jakarta, Universitas Tarumanagara Jakarta, Universitas Andalas Padang, Universitas Esa Unggul Jakarta, dan Universitas Udayana Bali. Dengan keterlibatan para mitra peneliti ini diharapkan didapatkan hasil penelitian/kajian sesuai yang diharapkan dan berprespektif lintas lembaga.

Sampai September 2016, kegiatan penelitian/pengkajian telah sampai dengan laporan antara yang ditandai dengan penyelenggaraan Expert Meeting dari masing-masing topik penelitian yang diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Jember selama bebebarapa hari di bulan September. Expert Meeting ini di masing-masing topik ini dilakukan dengan mengundang stakeholder terkait di bidangnya. Melalui Expert meeting ini nantinya diharapkan dapat menunjang suksesnya penelitian yang dilaksanakan oleh masing-masing tim peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *